Cara menambahkan JavaScript Tracking Snippet Google Analytics Terbaru

Cara menambahkan Java script snippet


Tutorialmixs - sobat blogger, akhirnya aku kembali dengan wajah baru terkait situs web ini. yang awalnya aku menggunakan domain Blogspot.com lalu migrasi ke domain Tdl .Com, lalu aku demosikan lagi ke domain Blogspot tercinta ini.. memang dari awal karena aku tidak tertarik menggunakan domain berbayar (Tdl), walaupun mempunyai pengaruh yang luar biasa di serach engine, pengindekan dan lain-lain.. 



Dan akhirnya aku kembali ke domain Blogspot ini, alasanya cukuplah sederhana, yaitu "Aku tidak ingin di sibukkan dengan masalah registrasi ulang pertahunnya terkait perpanjangan penggunaan domain TDL/Domain Top Leader .Com" dan belinya domain berbayar ini aku lakukan hanya atas dasar keingintahuan aku terkait bermain domain, Not More


Oke dari pada panjang lebar (karena ini hanyalah intermozo sedikit untuk menuhin description blog aku saja) jadi aku lanjutkan ke masalah bagaimanakah menambahkan JavaScript Tracking Snippet Google Analytics. Kenapa aku tertarik ini menjadi bahan postingan aku kali ini, itu disebabkan karena ini adalah langkah yang penting terkait Memonitor laju perjalanan Blog kita. sehingga kita bisa track blog kita secara langsung. 


Berikut adalah manfaat dari pemasangan JavaScript Tracking Snippet Google Analytics:

- Url apa yang di akses
- Dari mana (wilayah/zone) pengunjung datang
- Lama durasi pengunjung melakukan visit ke blog kita
- Keywords Search Engine ketika pengunjung melacak blog kita
- Dan dari perangkat apa pengunjung mengakses blog kita

Cukup banyak juga kan manfaatnya? nah itulah kenapa alasan aku mengangkat topik ini menjadi bahan postingan aku malem ini. semoga bisa menjadikan gambaran yang bermanfaat but sobat blogger.


Tutorialnya:

silahkan masuk saja ke alamat web Google Analytics sobat dan sisipkan perintah <script> di bawah ini di atas kode </head>

Kode Javascript Tracking Snippet
<!-- Google Analytics -->
<script>
(function(i,s,o,g,r,a,m){i['GoogleAnalyticsObject']=r;i[r]=i[r]||function(){
(i[r].q=i[r].q||[]).push(arguments)},i[r].l=1*new Date();a=s.createElement(o),
m=s.getElementsByTagName(o)[0];a.async=1;a.src=g;m.parentNode.insertBefore(a,m)
})(window,document,'script','//www.google-analytics.com/analytics.js','ga');

ga('create', 'UA-XXXXX-Y', 'auto');
ga('send', 'pageview');
</script>
<!-- End Google Analytics -->
untuk kode UA-XXXXX-Y silahkan ganti dengan ID Pelacakan GA sobat. silahkan menuju ke menu Admin >> Properti >> Setelah Properti >> liat ID Pelacakannya. untuk tahapan pertama sudah selesai cukup disitu.

sekarang masuk ke tahapan ke dua, untuk menambahkan: 

Alternative Async Tracking Snippet

(namanya juga alternative, jadi kode berikut ini nantinya bisa anda gunakan atau tidak itu terserah anda) tetapi sebelum memutuskan untuk tidak menggunakannya pertimbangkanlah untuk hal berikut ini:

Manfaat dari pemasangan Alternative Async Tracking Snippet ini adalah :
Untuk kode di atas yaitu (Java Script Tracking snippet) memungkinkan blog kita bisa di akses dengan segala macam media browser. tetapi kelemahannya kode tersebut tidak memungkinkan bisa Preload Script oleh Browser modern.

Jadi penambahan cuplikan Alternative Async ini di maksudkan untuk menambah dukungan Preloading Script pada Browser modern. jadi jika sobat sudah memahami manfaat dan kelemahannya, dan berniat memasangnya di HTML sobat, silahkan copy saja code script di bawah ini di atas </head> atau bisa juga di bawah pemasangan code di atas.

dan berikut adalah script yang bisa sobat pasangkan:


<!-- Google Analytics -->
<script>
window.ga=window.ga||function(){(ga.q=ga.q||[]).push(arguments)};ga.l=+new Date;
ga('create', 'UA-XXXXX-Y', 'auto');
ga('send', 'pageview');
</script>
<script asyncsrc='//www.google-analytics.com/analytics.js'></script>
<!-- End Google Analytics -->
untuk kode UA-XXXXX-Y silahkan ganti dengan ID Pelacakan GA sobat.
oke aku rasa cukup itu dulu pembahasan terkait Pemasangan Javascript Tracking Snippet dan pemasangan Alternative Async Tracking Snippet
semoga bisa menjadi manfaat untuk tracking blog sobat dengan cakupan yang jauh lebih luas.






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...