Cara mengatasi Touch Screen error Android saat Charge

Cara mengatasi Touch Screen error Android saat Charge

TutorialMixs - Sobat blogger, apakah anda pernah mengalami Touhscreen Jumping?? kondisi dimana Thoucescreen melompat-lompat pada waktu kita ngejalani proses charge pada android kita baik pada android ataupun pada shmartphone kita.

Dan pastinya ini kerap kali muncul pada saat sedang mengisi baterai lewat PC ataupun juga lewat sharge tidak orisinil. Solusi yang saya peroleh dari berbagai situs dan customer service vendor resmi, mereka hanya menyarankan agar selama di ‘charge’ gadget tersebut jangan dipakai. Tentu anda jengkel jika harus menunggu lama dan hanya memandang indikator charging yang naik-turun. dan aku rasa Pasti ada solusi lain untuk mengatasi touchscreen yang kacau ini. Nah akhirnya saya menemukan beberapa tips lain, baik dari berbagai forum maupun pengalaman pribadi, cara mengatasi masalah touchscreen ini. Berikut ini beberapa solusinya:

berikut solusi yang bisa kita lakukanuntuk mengatasi permasalahan tersebut:

Lilitan kawat tembaga
Untuk melepas ground statis yang menggangu touch screen phone / tablet android, gunakan kawat tembaga sekitar 5 cm lalu lilitkan di bagian “-” (negative) pada jack adapter. Pada saat jari menyentuh layar touchscreen, gunakan sebelah jari tangan lainnya untuk menyentuh ujung kawat ini, fungsinya melepaskan statis ground lewat tubuh. Jangan kuatir tegangan yang digunakan tablet hanyalah kecil tidak akan nyetrum kok.

Gunakan fitur USB OTG
USB OTG ini dapat digunakan untuk mengkoneksikan berbagai periferal dengan type port usb ke PC / Tablet android. Seperti modem, flash disk, bluetooth, hardisk external, keyboard dan mouse. Nah dengan mouse usb (mouse biasa untuk laptop) / wireless sebagai pengganti sentuhan jari, dengan cara ini kita dapat tetap menggunakan tablet walau sedang dicharge namun tidak mengalami masalah touchscreen jumping touchscreen ngaco touchsreen ngacak, touchscreen meloncat-loncat sendiri .

dan yang terakhir seilahkan Ganti Charger
Isi ulang / charge baterai dengan menggunakan jack charger model port mini usb. Port mini usb juga dapat digunakan untuk men’charge’, gunakan charger yang memiliki ujung port mini usb, seperti charger milik berbagai hp. Masalah touchscreen ngaco tidak akan muncul saat kita menggunakan charger kualitas yang baik dengan port mini usb. Nampaknya ( dugaan kami ) ada masalah grounding yang buruk pada charger yang tak orisinil atau bahkan charger bawaan sekalipun, sehingga listrik statis mengganggu touchscreen saat dilakukan pengisian baterai. Hal ini kami buktikan dengan mencharge dengan kabel usb ke pc (tanpa kabel ground) touchscreen tablet tetap terjadi, tetapi ketika saya menghubungkan body PC (CPU) ke tanah ataupun ketika saya pegang, masalah ini tidak terjadi. Ketika menggunakan port usb laptop sebagai charger, masalah touchscreen ngaco juga tidak terjadi.

Sayang kebanyakan charger HP china hanya memiliki output arus yang kecil untuk baterai Tablet, max 500mA. Sehingga proses pengisian ulang dapat berlangsung belasan jam. Ukuran charger yang baik sekitar 50% dari daya/ ampere baterai phone tablet, jika baterai 3000mah maka charger yang ideal sekitar 1500 mAH. Solusinya lainnya kita bisa membuat sendiri charger tablet dengan adaptor bekas hp merk terkenal, atau memanfaatkan charger asli Tablet Cyrus Atom pad yang memiliki output 1800mA namun diganti ujungnya jack konektor adaptornya dengan memotong kabel dan menggantinya dengan kabel mini usb. Sambungkan kabel yang berwarna merah dengan merah, dan hitam dengan hitam. Gunakan Multitester agar yakin arus + dan – tidak terbalik. Perhatikan skema usb untuk tablet china dibawah ini.

Penggunaan charger hp dengan kualitas yang baik (merk patent) untuk mengisi ulang baterai Android tablet china 3.7V ini juga menjadi solusi jika charger asli bawaan tablet china rusak atau hilang. Jika mungkin belilah charger yang memiliki jack port mini usb dengan output 5v dan arusnya ideal, minimal 1000mA (1A) hingga 2000mA(2A) agar proses pengisian ulang baterai PC Tablet lebih cepat. Dengan cara modifikasi ini tablet tidak lagi mengalami masalah touchscreen ngacak yang bergerak-gerak sendiri saat disentuh.





Sebenarnya artikel ini aku buat hanya untuk referensi, catatan/archieve aku pribadi terkait hal2 yang paling penting dalam pembuatan, penyusunan, memperbaiki, mempercantik web/blog serta cara/Panduan Hal lain. Jika artikel ini secara tidak langsung mempunyai manfaat buat anda, kurasa mungkin itu, secara kebetulan saja..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...