Cara Setting Redirect 301 ke Blog Baru di blogger [LENGKAP]

TutorialMixs - Sobat blogger, kali ini aku mo share terkait Cara Setting Redirect 301 dari Blog Lama ke Blog Baru.. artikel ini aku buat berdasarkan pengalaman aku yang kapan hari melakukan dan menjalankan Redirect 301. yaitu perubahan dari alamat lama Tutorialmixs.blogspot.com aku migrasikan atau ku ubah ke alamat baru TutorialMixs.com (domain TDL - Top Domain Leader) dan ini adalah langkah penting yang harus kita lakukan sebelum mengaktifkan domain baru..

Dari penjelasan di atas aku rasa sobat sudah bisa mengartikan sendiri bukan apa itu Redirect 301? yab benar.. redirect 301 merubah alamat blog ke alamat url baru kita. tetapi bukan hanya alamatnya saja yang di rubah melainkan hampir semua komponen yang di dapat dari blog lama semua bakalan di migrasikan ke blog baru, termasuk traffic blog, backlink yang kita dapat dari blog lama dll.. sungguh sangat di sayangkan jika kita tidak melakukan langkah ini.. karena usaha kita yang sudah terbangun akan lenyab dalam sekejab dan memulai dari nol lagi untuk Trafficnya..

Oke untuk lebih jelasnya, aku akan jelasin dari pengalaman aku mengganti domain Blogspot (tutorialmixs.blogspot.com) ke Domain .Com (Tutorialmixs.com)

sebelum melakukan Redirect 301, silahkan masuk saja ke Google Search Console Sobat, lalu pilih halaman blog lama sobat. setelah di klik, sobat lihatlah icon panel kanan atas yang bergambar Roda >> lalu drag mouse ke bawah menuju tulisan Perubahan Alamat silahkan anda bisa lihat image di bawah ini:

Cara setting Redirect 301 Automatis pada blogger
Cara setting Redirect 301 Automatis pada blogger [panduan lengkap]

berikut kita akan kupas satu persatu keterangannya:

1. Pilih situs baru dari daftar
Jika tidak menemukan situs Anda, tambahkan sekarang. Anda harus menentukan domain tanpa menyertakan jalur yang mengarah ke laman spesifik (misalnya, www.example.com atau subdomain.example.com).

untuk tahapan ini, silahkan sobat pilih blog baru sobat. contoh dari kasus aku, aku pilih blog baru aku yaitu TutorialMixs.com , (domain baru aku yang mau aku pakek).
catatan: kalau anda belum mempunyai blog baru untuk tujuan, silahkan buat di pnambahan blog baru di search console.

2. Konfirmasikan bahwa pengalihan 301 berfungsi dengan baik
URL dari situs lama harus dialihkan ke situs baru dengan menggunakan perintah pengalihan 301 permanen.

silahkan klik PERIKSA
Kalau proses redirect ini berhasil, akan dimunculkan tanda centang hijau. lalau masuklah ke tahapan selanjutnya yaitu tahapan ke tiga

3. Periksa apakah metode verifikasi masih ada
Langkah ini berfungsi untuk memastikan situs baru dan lama diverifikasi dengan benar sebelum dipindahkan, dan tetap terverifikasi setelahnya. klik saja tombol konfirmasi

Jika proses ini benar maka tanda centang hijau pun akan di munculkan

4. Kirim Permintaan Ganti Alamat
Transaksi Pengindekan situs dari Tutorialmixs.blogspot.com ke Tutorailmixs.com

lalau klik saja tombol kirim untuk proses terakhir

dan selengkapnya anda bisa melihat image yang ada di atas tadi untuk referensi sobat blogger. Jadi jika semua langkah sudah dilakukan dengan benar, tombol centang hijaupun akan muncul di semua nomer yang ada..

setelah berhasil melakukan itu semua, tetap pada halaman search console sobat, klik alamat domain terbaru (dalam hal ini adalah www.Tutorialmixs.com) dan pada icon roda pada pojok kanan atas sorot dan klik Perubahan Alamat, yang nantinya akan di mundulkan image seperti dibawah ini:

Perpindahan alamat ke domain .com(TDL) sukses
Perpindahan alamat ke domain .com(TDL) sukses


nahhh selesailah tutorail ini bagaimana mendirect 301 otomatis pada blogger, semoga menjadi manfaat sobat blogger.. silahkan di like jika sobat menyukai artikel saya ini.

terima kasih semoga menjadikan manfaat.






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Anonim
20 Oktober 2016 pukul 22.30 delete

kalo setting redirect 301 dari domain .com ke .net itu gimana caranya yaa gan ? ko confirm redirect 301 yang ada di webmaster masih silang yaa ? mohon solusinya mastah. Terima kasih

Reply
avatar
20 Oktober 2016 pukul 23.34 delete

sory mas lagi blz.. untuk tutorial yang saya paparkan adalah migrasi dari domain bawaan ke domain tld (gratis ke berbayar).. kalao untuk proses migrasi pergantian antar domain) setiap penyedia domain berbayar ada aturan khususnya mas.. silahkan anda bisa kontak dan konsultasikan ke domain awalnya (pada waktu njenengan beli domain yaitu .com) dan biasanya sih ada panduan khususnya bagaimana menjalankan proses migrasi ke domain TLD lainnya.. dan ini jelas beda mas. semoga bisa dimengerti ya.. thxs..

Reply
avatar
28 September 2018 pukul 06.36 delete

Makasih mas akhirnya saya cari dapat juga.

Reply
avatar
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...